Ketua Agupena Semarang

Ketua Agupena  Semarang
Roto, S.Pd

Jumat, 12 Maret 2010

Pendidikan
13 Maret 2010
Pemantau UN Berkurang
SOLO - Tahun ini, tim pemantau independen (TPI) ujian nasional (UN) di Solo berkurang. Tahun lalu 144 orang, sedangkan sekarang hanya 133 personel.
Sekretaris TPI Kota Surakarta, Suwarto, menyatakan personel pemantau berkurang karena ada penyesuaian dengan jumlah sekolah. Sebab, beberapa sekolah bergabun dengan yang lain. “Jadi pengurangan personel disesuaikan dengan kebutuhan,” ucapnya.

Pengurangan jumlah pemantau, kata dia, tak akan berdampak negatif terhadap pelaksanaan ujian. Bahkan pemantauan akan lebih efektif dan efisien.
Kelak, 133 personel yang terdiri atas dosen dan mahasiswa minimal semester VI dari UNS itu akan ditempatkan di seluruh SMK, SMP, SLBMP, dan MTS di Solo. Untuk SMK setidaknya ada 42 orang, sedangkan di SMP, SLBMP, dan MTS 91 orang. “Kelak, setiap satu sekolah ada seorang pemantau independen.”

Dia mengemukakan pemantau atau pengawas yang terbukti melanggar dan curang, misalnya memberikan kode atau jawaban pada siswa, akan diberi sanksi. “Mereka akan di-black list dan selanjutnya tak dapat terlibat dalam pelaksanaan ujian nasional lagi,” tandas dia. (K23-53)

0 komentar:

Posting Komentar