Ketua Agupena Semarang

Ketua Agupena  Semarang
Roto, S.Pd

INOVASI KBM MATERI GAMBAR BENTUK

Senin, 19 April 2010

Oleh Roto
INOVASI dalam segala hal adalah sesuatu yang mutlak harus dilakukan oleh siapapun yang mau maju ke depan. Termasuk didalamnya seorang guru. Guru adalah agen pembawa perubahan dalam mengarungi dunia pendidikan. Berkait dengan era inovasi, selaku guru seni rupa wajib membawa perubahan dalam menyampaikan materi ajar yang menjadi tanggungjawabnya. Pada kesempatan ini, penulis bermaksud mengurai inovasi dalam mengajar dan mendidik materi pokok gambar bentuk.

Gambar bentuk dapat diartikan sesuatu bentuk benda yang di salin ke media kertas, triplek, tembok, kanvas dan sejenisnya. Dengan media pensil, bolpoin, spidol, tinta Cina, kapur, cat dan lain-lain yang dibuat setepat mungkin. Untuk mencapai hasil gambar bentuk yang maksimal, seorang guru perlu menekankan betapa pentingnya siswa didik wajib memahami gambar perspektik, cara-cara mengarsir sekaligus mewarna. Selain itu guru perlu memahami unsur komposisi dan seni rupa.

Unsur komposisi mencakup: keseimbangan; perbandingan; irama, pusat perhatian (dominasi); dan kesatuan (unity). Sedang unsur seni rupa meliputi: titik; garis; bidang; warna; teksture (kesan yang ditimbulkan); gelap terang dan lain-lain.

Dalam silabus kelas VII, semester 1, mata pelajaran Seni Budaya (seni rupa) kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Standar Kompetensi (SK): 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa, dengan Kompetensi Dasar (KD): 2.1. Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat.

Mencermati KD tersebut, urutan menggambar bentuk yang dapat dilakukan adalah membimbing siswa dari cara menggambar kubus 1 titik dan 2 titik, dilanjutkan cara menggambar benda elips (melingkar). Setelah siswa mampu memahami secara sederhana cara menggambar benda berbentuk kubus, elips, maka dapat dilanjutkan pada pokok materi menggambar bentuk benda bebas.

Benda bebas yang mempunyai daya tarik dan mudah dikerjakan oleh peserta didik pada pertemuan awal adalah menggambar bentuk objek benda sebenarnya, yaitu model daun, sayur-sayuran, buah-buahan dan bunga. Proses menggambarnya, secara sederhana dapat mengikuti urutan cara berikut, disesuaikan dengan gaya masing-masing guru.

Metode yang dapat dipilih guru sangat beragam, metode secara umum yang dipakai oleh guru seni rupa antara lain: pertama, guru memilih metode dengan urutan menggambar kubus dengan perspektif 1 titik, waktunya 2 jam @ 40 menit. Menggambar kubus dengan 2 titik waktu yang diperlukan 2 jam. Menggamabar benda berbentuk elips waktu yang diperlukan 2 jam. Menggambar penggabungan benda berbentuk kubus dan elips, dengan waktu 2 jam.
Jika guru belum puas dengan hasil yang dicapai oleh siswa didik, dalam menggambar benda kubus, elips dan gabungan kubus dengan elips dari waktu 8 jam kegiatan belajar mengajar (KBM), plus pekerjaan rumah (PR). Maka, dapat melakukan menambah jam pertemuan berikutnya, dengan konsekuensi mengorbankan pokok materi yang lain.

Inovasi Pembelajaran
Kedua, guru dapat memilih metode inovasi yang praktis dan disukai oleh peserta didik. Adapun metode yang hendak penulis tawarkan adalah metode demontrasi, tugas dan pembelajaran kooperatif (secara berkelompok antara 3, 4 atau 5 orang). Langkah awal yang dapat ditempuh yaitu pada pertemuan pertama guru mendemonstrasikan secara sederhana urutan menggambar benda berbentuk kubus, elips dilanjutkan menggambar model sebenarnya yang diambil dari alam terbuka.

Langkah yang dapat ditempuh, guru mempersiapkan setangkai daun atau salah satu buah pisang, apokat, wortel, tomat dan atau setangkai bunga. Guru mendemonstrasikan cara menggambar model yang telah dipersiapkan. Waktu yang diperlukan maksimal 10 menit. Dalam mendemonstrasikan gambar tersebut, disertai penghantar cara memilih model, menyusun model, memulai gambar sketsa, dilanjutkan cara mewarna.

Cara memilih model, ambillah daun atau bunga yang ada di sekeliling kelas (sekolah), upayakan mencapai tiga warna. Dengan catatan tidak merusak taman lingkungan sekolah. Susunan yang dapat dipilih benda yang besar diletakkan di bagian belakang sebelah kiri, tengah dan atau kanan.

Jika susunan sudah sesuai selera, bersegeralah memulai membuat sketsa. Dalam membuat gambar sketsa cara yang dapat dipilih mulailah dari objek utama. Upayakan gambar sketsa tersebut sedetail mungkin, sampai pada letak bayangannya, kemudian lanjutkan benda disebelahnya, belakangnya dan seterusnya.

Memulai Mewarna
Gambar tersebut akan menjadi suatu karya seni yang menarik jika diselesaikan dengan pewarna. Adapun pewarna yang mudah dijangkau oleh peserta didik adalah pensil warna. Media pensil warna mempunyai sifat berminyak, mengkilat dan sukar menutup. Maka, cara penggunaannya adalah memulai dari warna yang tua. Maksudnya jika benda sebenarnya hijau, mulailah menggores dari warna biru tua sampai ke warna yang ringan atau terang.
Setelah objek benda secara keseluruhan sudah berwarna, amatilah dengan cermat agar diketahui kekurangannya, setelah itu pertegaslah garis kontur (tepi objek) dengan menggunakan warna dominan yaitu warna tua. Untuk finising pewarna selanjutnya, gunakanlah pewarna oranye dan atau kuning. Tujuannya adalah gambar tersebut akan menjadi lebih menarik, hidup dan warnanya lebih matang.

Gambar tersebut di atas membutuhkan waktu idial minimal 90 menit. Mengingat waktu yang tersedia di tingkat SMP hanya 80 menit, maka guru harus pandai-pandai memotivasi siswa didik agar mampu memanfaatkan waktu yang ada.

Seusai pertemuan pertama dan sebelum waktu KBM ditutup, guru dapat melakukan menunjukkan 3 contoh karya siswa, mulai dari kategori terbawah, sedang sampai pada contoh karya terbaik. Dengan maksud dapat memberi pujian (reward). Untuk menutup pertemuan tersebut, guru memberi tugas pada siswa didik gambarlah model sebenarnya di rumah, dengan objek buah, sayuran atau bunga, kemudian pada minggu depan (pertemuan ke 2) siswa wajib membawa model sebenarnya dari rumah.

Jika guru mampu mengkondisikan peserta didik tertib membawa model sebenarnya dari rumah, maka pada pertemuan kedua tersebut, dapat menugaskan siswa didik membentuk kelompopk antara 4 sampai 5, disebut metode pembelajaran kooperatif. Tanpa diduga hasil gambar akan menjadi lebih meningkat dibanding pada pertemuan pertama. Bagaimana dengan Anda? Selamat berkarya.

Sumowono, 13 Januari 2010.
Oleh Roto Email: roto_amb@yahoo.com
Pendidik SMP 1 Sumowono.
Mahasiswa Pascasarjana UMS. HP. 085866260943
Ketua Agupena Kabupaten Semarang

MENCERMATI PERUBAHAN KURIKULUM

Oleh Roto.
DIBALIK hingar-bingar pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA dan SMP/MTs 2009/2010, kita wajib merepleksi kembali perubahan kurikulum di republik ini, yang terkesan serba mendadak dan tidak beraturan. Asumsi tersebut tidak sekadar wacana, faktanya dalam rentang dua tahunan kurikulum selalu berubah-ubah dan membuat guru tergopoh-gopoh. Contoh kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, bahkan konon yang tergres akan berlaku ”Kurikulum Spektrum.” Pertanyaannya mengapa perubahan kurikulum yamg serba kilat tersebut kurang sosialisasinya?

Strategi pengembangan kurikulum
Strategi, penulis tafsirkan suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang penulis maksud adalah tujuan untuk mencapai mutu pendidikan, (harun.lpmpjateng@yahoo.co.id, Selasa 30 Maret 2010), yang berbunyi: 1) Ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan serta kesejahteraannya yang belum memadai baik secara kuantitas maupun kualitas; 2) Prasarana dan sarana belajar yang terbatas dan belum didayagunakan secara optimal; 3) Pendanaan pendidikan yang belum memadai untuk menunjang mutu pembelajaran, serta; 4) Proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif.

Mencermati fenomena tersebut, penulis merasa tertantang untuk mengurai benang kusut terkait dengan: “Proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif.” Penulis sependapat dengan pernyataan tersebut, sebab fakta menunjukkan syarat nilai kelulusan di Indonesia (5,5 tahun 2010) lebih rendah dibanding nilai kelulusan di Malaysia (7,0 tahun 2007), dan Singapura (7,5 tahun 2007). Artinya proses pembelajaran yang belum efisien dan efektif terbukti.
Dari sudut pandang lain menunjukkan bahwa guru yang bergolongan IV/a sangat membludak, lebih dari lima tahunan bahkan puluhan tahun belum mampu beranjak untuk menggapai pangkat IV/b, jika ada yang berhasil meraih pangkat IV/b (kurang dari 2 persen), bukan berarti mereka adalah yang terbaik dalam menjalankan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Namun paling tidak mereka dapat diartikan telah mampu mengembangkan diri sebagai guru yang profesional, dalam Suhardjono, 2009: “Guru profesional memang seharusnya mampu mengajar sekaligus meneliti,” Sesuai Kepmenpan No 84/1993 sampai dengan Permendiknas 2005.

Bagi guru yang telah mampu mewujudkan nilai pengembangan profesi sejumlah 12 kredit, dapat diartikan guru tersebut mampu mewujudkan kegiatan pengembangan profesi, diantaranya: 1) membuat Karya Tulis Ilmiah; 2) menemukan Teknologi Tepat Guna; 3) membuat alat peraga/bimbingan; 4) menciptakan karya seni; dan 5) mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.

Fenomena tersebut menunjukkan guru masih stagnan dan ”tidur nyenyak” pada jalur pangkat IV/a, sehingga terbitlah: “Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru & Angka Kreditnya,” yang menyatakan bahwa mulai tahun 2012 akan diberlakukan kenaikan pangkat disertai wajib mengumpulkan nilai pengembangan profesi mulai dari pangkat III/b menuju pangkat diatasnya.

Pada kesempatan berikut penulis tidak bermaksud mengurai tentang penilaian pengembangan profesi, melainkan pada pokok persoalan awal yaitu menyongsong perubahan kurikulum di dalamnya menyangkut proses pembelajaran yang belum efektif dan efisien. Realitas tersebut merupakan fenomena sangat komplek yang menyangkut berbagai aspek, baik mengenai guru, murid, sarana prasarana dan terlebih menyangkut perubahan kurikulum.

Kita sering terhenyak, terbelalak, bahkan terbengong-bengong manakala kurikulum “terbaru digulirkan.” Kemampuan guru dianggap robot, seperti komputer yang harus segera berubah sesuai perintah sang pemain komputer, yaitu para stakeholder di bidang pendidikan. Maka kurban paling awal adalah para guru yang berada digaris akar rumput, menyusul kemudian peserta didik.

Dalam menjabarkan fenomena perubahan kurikulum, bukan berarti guru harus terjebak pada pembelaan diri. Sebab fakta di era pasar bebas sangat cepat pergeserannya. Contoh dunia telekomunikasi, menunjukkan perubahan yang sangat cepat dalam hitungan tahun, bulan, bahkan mingguan. Realitas tersebut suka/tidak suka, harus disikapi secara bijak, dan tidak boleh terjadi tawar menawar.

Lalu apa jadinya, jika ada oknum guru yang berperilaku masa bodoh dalam mengarungi perubahan kurikulum. Maka, kita layak mengapresiasi positif kepada semua rekan guru yang tergerak untuk menyongsong perubahan. Terbukti fenomena guru hendak menyelesaikan program S1 menunjukkan grafik peningkatan signifikan, bahkan dengan terealisasinya program sertifikasi guru, berdampak sangat positif dengan berdirinya program magester di berbagai perguruan tinggi negeri/swasta.

Mewujudkan PAIKEM
Berdasarkan paparan di atas, para pendidik harus menjembatani pelaksanaan perubahan kurikulum, diantaranya menyikapi proses pembelajaran yang belum efektif dan efisien. Adapun langkah yang dapat dijadikan pertimbangan diantaranya: 1) menterjemahkan perubahan kurikulum secara aktif, artinya tidak berperilaku masa bodoh; 2) mampu menjadi motivator dalam menangkap perubahan kurikulum yang terjadi di masing-masing institusinya; 3) mengaplikasikan dan menterjemahkan secara riel dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelasnya; 4) mempelopori penggunaan teknologi dalam KBM; 5) mewujudkan KBM sesuai dengan rambu-rambu Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).
Berdasarkan fenomena tersebut, seharusnya para stakeholder pendidikan memberdayakan para guru untuk dilibatkan dalam penyempurnaan kurikulum. Mulai dari memberdayakan pengurus MGMP tingkat sanggar (kabupaten), dan sub sanggar, serta membuka mata mau melibatkan perwakilan guru dari masing-masing pelosok daerah untuk diajak berembug dalam menyusun perubahan kurikulum berikutnya. Selanjutnya dibarengi tindakan riel untuk selalu mengadakan sosialisasi perubahan sampai pada cara pengimplementasiannya.
Realitasnya para guru dalam menghadapi perubahan kurikulum terkesan hanya menerima dan tidak pernah diberi ruang untuk melakukan koreksi atau masukan yang didasarkan pengalaman masing-masing guru.

Muara akhir mewujudkan tujuan pendidikan nasional: ”Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” (http://www.depdiknas.go.id 30 Maret 2010).

Ambarawa, 31 Maret 2010
Oleh Roto Email: roto_amb@yahoo.com
Ketua Agupena Kab. Semarang
Mahasiswa Pascasarjana UMS, Sedang Menyusun Tesis

Mencermati Perubahan Kurikulum (Terbit di Wawasan, 9 April 2010)